Bumi masih berputar



DI JANTUNG

STRES

Wah, udah lama banget ya. Aku sibuk banget (atau ga bisa bagi waktu?). Yang jelas, sekarang sudah minggu keenam, di jantung. Artinya, 4 minggu lagi tamatlah petualanganku di penyakit dalam.

Tapi belum tentu.

Semua itu tergantung aku udah ngerjain syarat ujian atau belum. Kalau udah, aku bisa ujian. Kalau ga, nanti setelah habis semua siklus panklinku, aku balik lagi kesini. Jaga lagi lalu ujian.

Gimana kalau udah beres, ujian, tapi ga lulus? Itu lebih bagus daripada yang tadi. Setelah habis siklus panklin, aku balik kesini untuk ujian tok, tanpa jaga dan nunggu jadwal ujian yang biasanya lumayan lama.

Trus gimana kalau syarat beres, ujian, dan lulus? Itu namanya keajaiban. Dan layak masuk acara busetttttt.

Kenyataannya dari 3 syarat ujian mayor, satupun aku belum. Responsi, laporan kasus, laporan pustaka. Sisa waktuku untuk maju sisa 2 minggu aja. Karena 2 minggu terakhir aku dinas luar di RS Banjarbaru dan RS Martapura. What the?

Shit untuk pembagian dinas yang jelek untuk posisiku. Shit untuk teman-teman yang dah pada maju. Shit untuk minggu depan yang full libur dan cuti bersama para dokter. Kapan gw majunya kalo gitu??? Asli pengen nangis didepan papan pengumuman. Duh, jadi pengen denger lagu tombo ati.

Sejak 2 minggu kemarin aku mulai ngerasa jenuh sebenarnya. Kayaknya aku paling sial dikelompokku. Setiap mereka giliran jaga, 80% keadaan aman dan terkendali. Tapi kalo aku? Adddaaa aja yang aneh-aneh.

Waktu jaga di penyakit dalam wanita, ada pasien dekompensasi cordis masuk. Bo, salah alamat! Sudah jelas-jelas seharusnya masuk jantung. Jadi, aku berusaha mengembalikan ni pasien ke tempat yang sebenarnya. Of course atas perintah dr. Sp. PD. Dan untuk proses pemindahan dan lain-lain, apalagi di luar jam kerja, itu sangat sulit dan mbulet njelimet. Telpon kesana kemari. Diomelin. Paling kesel sama perawat ICU:

Kalau anter pasien ke ICU, infus atau venflon harus dipasang, kalo kayak gini ini meolah gawian aja lagi! Loh, infus buat apa, kan bisa tambah overload, pasiennya aja udah sesak banget.
Ya venflon kek! Loh, advice dari dokter semua tablet, buat apa pasang venflon?
Aku kasih tau dr Sp. JP lo. Sidin tu orangnya teliti sekali. Anywaaayy, tadi nelpon sidin, ga ada advice buat pasang venflon!! Sidin bilang: ISDN sublingual lalu masuk ICU.
Kenapa ya perawat suka musuhin DM? Bahkan nih, dokter jaga ICU nya belain aku lo. Tetep aja ni perawat sentimen banget.
Aku kasih tau sidin, DM jantung nya kayak gini. Ini DM PDW. Bukan DM jantung. Ini pasien salah masuk. (ini kata dokter jaganya).
Ikam tunggui disini. Dokternya mau datang. Eh, siapa takut. Ngomong sama tangan. Kata siapa? Kamu balik aja dek ke bangsal. Konsulen datangnya tetep besok, itu juga karena beliau curiga bukan dekomp. Tapi kalo aku sih yakin dekomp.
Terlihat kan bedanya orang yang kerja pake otak ma yang pake emosi doang.

Kasus kedua. Pernah jaga dengan dokter jaga IGD yang rada-rada eror? Yes, I do. Kalo dokter jaga lain: pasien datang, konsul ke spesialis, stabil, kirim ke bangsal.
Lah yang satu ini enggak: pasien datang, ga konsul, ga stabil, kirim ke bangsal. Dan yang pas jaga waktu itu, lagi lagi aku. Menyisakan PR konsul dan total tambahan terapi. Dua-dua nya sama, dari IGD cuma dapat infus RL ma ranitidin doang. Heran

Jelas-jelas, yang satu ini kejang dan titer thypoidnya tinggi. Mbok yao. Masa kalah ma Nina. Yang satu, delirium, nyampe dibangsal tensinya dah ga terukur. Dapat dari IGD cuma ranitidin? Jumlah tetesan infusnya pun ga banget. Herman..herman. duh, ni cewek ngingetin aku ma lagu stupid girlnya pink: push up my bra like thaattt…

Lah gw koq jadi nyumpah-nyumpah gini. Bikin dosa aja. Kalo liat foto sawah dan gunung di malang.jpg ini bikin gw pengen pulang aja, beralih profesi jadi petani, dingin, seger, hijau, ga beban, santai.

Ato liat foto ini. ini-tumbang-samba.jpg, tempat nyokap-bokap gw kerja. Ni adek-adek gw. Liat tower disana? Itu pemancar indosat dan telkomsel. 2 bangunan tertinggi di Tumbang samba. Gara-gara keranjingan ma the lord of the ring, kami bilang itu the two tower. Markas souron dan saruman. Inilah dunianya para orc dan goblin. He..he..

Ohya,

20 DESEMBER 2007
PESAN DARI KAKAK YANG BIJAKSANA

Dede, si bontot ulang tahun. Aku pernah berada di usia 14 tahun. Waktu itu aku tergila-gila ma goosebumps dan backstreet boys. Satu-satunya mimpiku dulu adalah berada di florida dan menjadi teman satu sekolahannya nick carter.
Pesanku buat dede, geulis, legolas girl (Aragorn lebih cakep, teteeup), nikmatilah masa 14 tahunmu, jangan pengen cepat punya pacar, jangan pengen cepat dewasa. Yang dewasa malah pengen ke umurmu. Jangan minder. You’re beautiful. You’re special. Nikmati jadwal les-lesmu (coz I miss my time-like you now). Rajin minum susu.

Happy birthday ya.

IDUL ADHA
Selamat hari raya idul adha. Selamat berqurban semua. Khususnya warga kota banjarmasin, untuk mati lampunya, PAM macet, jalan rusak, dll semoga ikhlas ya.

Salam, gw.jpg. hidup-koneng.jpg

Iklan

Trackbacks & Pingbacks

Komentar

  1. * Wong Meng Ong says:

    Yah, dimana-mana ternyata sama aja. Kita mengalami kejadian yang gak jauh-jauh beda. Kalo di departemen kami ada karir dan non karir. Kadang-kadang nih honor udah veteran dan jadi kurang ajar banget ama kami. Seringnya konflik masalah gak penting dan udah jelas-jelas mereka yang asal ngotot tapi karena jadi orang baru kami mesti sering ngalah, maklum usia jadi kendala. Orang-orang bilang sabar aja. Gitu mereka kena marah atasan kami yang gak tega. Sering kami lihat di belakang layar mereka diperlakukan kurang pantas.

    Tapi kalo ada dokter yang error gitu bikin ngeri aja. Bisa-bisa flashdisk-nya ketinggalan di jantung pasien?! Ih…. hiiy.

    Selamat Hari raya Kurban.

    … Btw… masa-masa SMP rasanya udah lama banget tapi masih segar dalam ingatan… Gw sempat deket sama satu anak SMP yang bikin gw dikira phedofil… sial… padahal gw cuma beliin dia boneka dan dia sendiri yang minta. Selain itu ada sih pernah ajak makan di KFC, tapi itu pun dia yang ajak meski gw yang bayarin. Apa anak sekecil itu berpikir tentang pacaran ya? Mmm, rasanya usia kami terlalu jauh deh… hehe…. gak lah…. masi kecil gitu. Gak napsu.

    #kemarin gw udah beli flashdisk baru 1gg, $105rb. Eh ga lama, flashdisk lama gw ketemu.

    ada yang seru lg barusan. Wanita, hamil 8 bln, sakit perut, ma UGD dmasukin ke PDW dgn diagnosa dispepsia. Kata UGD sih, ga ada tanda2 mau melahirkan. Malamnya, eh bayinya lahir! Lari2 manggil DM ma bidan obgyn dari kamar bersalin. Untung dekat. Untung slamet.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  2. * Wong Meng Ong says:

    … btw, tuh jepretan N73 sambil tiduran ye? Udah pake cincin kawin? Senyuman dengan gigi yang indah.

    #itu cincin kawinnya kak santi yg rebahan dsebelahku. Sbnrnya, gigi gw ga beres lg gara2 dulu kecepatan lepas begel. Pgn pasang lg. Nunggu rezeki undian runtuh.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  3. * yetty says:

    Bukannya mau menjelek2an dan buka aib orang, tapi aku pengen semua bisa belajar dari kesalahan. Aku pengen (RS) kita maju.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  4. * Wong Meng Ong says:

    Ih, emang 8 bulan hamil anaknya kayak apa ya? Prematur dunk?

    Iya, benar. Kita mesti menyampaikan kritik demi kebaikan bersama. Kapan kita mau memperbaiki diri kalau setiap kesalahan fatal mesti dimaklumi. Kadang-kadang aku sebel juga sama orang yang pingin kelihatan baik hati, padahal mereka gak peduli pada lingkungan sendiri.

    Kalau bukan kita yang peduli, lalu siapa lagi?

    #Kalau bukan kita ya GN-0TA. Eh, bener kan? Kalo ga salah ni kalimat di iklanny GN-0TA kan.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  5. * Zi Jong Oes says:

    Fotomu bagus lo. Cakep banget. Cerah dan mempesona. *apakah ini rayuan?*

    Pipi itu dulu bisa memerah kalau dia tersipu-sipu. *gawat, kelamaan diliat*

    #thankyou2.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  6. * bakhrian says:

    sabar ya yet…
    memang kalo masih koas itu, hak asasi sebagai manusia berkurang banyak…
    karena yang salah pasti mahasiswa dan yang benar selalu dosen…
    udah hukum alam dari sono…

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  7. * Jongos says:

    Kemarin sore ada tabrakan deket sini. Inova lawan bus. Inovanya ancur, suami-istri kondisinya gak berbentuk lagi. Jeroannya keluar semua trus yah… pokoknya berantakan gitu deh, buyar…. Sama dokter dijait trus disatuin lagi.

    Emang Yetty nih kalo di rumah sakit sana sempat dapet kerjaan horor gitu?

    Btw, sampe tadi sore yang melayat banyak. Mungkin orang berpengaruh. Anaknya empat selamat di rumah. Tetangga-tetangganya sampe ikutan nangis.

    Berapa minggu kemarin juga di depan kantor kami ada pembunuhan yang katanya pembunuhnya makan otak korban, mungkin stres ato ilmu hitam. Ih, gw jadi merinding lembur sendirian gini….

    ….Gubrak….

    | Balas Ditulis 9 years, 7 months ago
  8. * mbah gendeng says:

    wah anak DM y mbak salam kenal aj deh dari FK unej ni

    | Balas Ditulis 8 years, 10 months ago
  9. Yach begitulah non, saat jadi DM rata-rata mempertanyakan kenapa kok punya cita-cita jadi dokter. Tugas bejibun plus pihak2 yang kadang kurang bersahabat. Anyway, setelah lulus semua akan jadi kenangan yang bikin kita tersenyum saat mengenangnya. Common girl. U can do it! Salam kenal ya….

    | Balas Ditulis 8 years, 8 months ago


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: