Bumi masih berputar



DO NOT COPY

Liat ini. Ini Sobotta, atlas berwarna anatomi manusia. Ada 2 jilid. Ni atlas dipake mulai dari kakak saya (1999), lalu berpindah tangan ke saya (2002) lalu ke adik (2006). Waktu beli dulu harganya 850 ribuan, edisi terbaru aku liat di gramedia 1,3 juta.

sobt1.jpg  s4.jpg  s0.jpg 

s5.jpg  s4-2.jpg

Sebelum dipinjam temanku, ni buku masih mulus . Setelah lama banget gak balik, dan sampai aku yang nagih-nagih (!!!) kembali lah buku ini dengan keadaan habis dimakan rayap. Gara-gara ditaruh dilemari kayu, katanya.

Asli, mo nangiiiiiisssssssss. Lemes. Aku sih bilang gak papa. Gak tega. Dia temenku dari SD. Aku mo marah, gimana? Aku gak bisa. Kadang aku benci jadi diriku sendiri. Gak bisa tegas kalo soal-soal begini. Malah jadi dosa. Padahal pengen marah sambil melotot dan teriak didepan muka nya: “ INI DUIT TAOUUKKK!!!” Just in my imagination

Selanjutnya, ini, Buku ajar ilmu penyakit dalam PAPDI, terbaru, 3 jilid 750.000. Sebelum masuk penyakit dalam, bahkan pas masih belum koas sama sekali kemarin, ni buku dipinjem temen2ku. Mo fotokopi, katanya. I hate my self, again.

Gw baru tau, kalau ni buku gak sekali aja dibolak-balik perlembar di mesin fotokopi. Ada lagi rombongan lain nyusul belakangan. Fotokopi siklus kedua.

Waktu balik, ni buku jadi kayak gini. No comment.

d1.jpg  d2.jpg  img_0860.jpg  img_0858.jpg

Anywaaaayyy,,

Senin besok aku ujian penyakit dalam. Membaca dan membuka lagi buku-buku ini. Miris. Sebelum jelek kemarin, garisin pake pensil aja hati-hati banget. Sekarang? Penuh banget stabilonya, gak rata, celemotan. Sengaja, jelek ya jelek aja, kesel gw.

d3.jpg

Kenapa ga original kalo dengan fotokopi, kita gak dapat gambar-gambar dan skema patofisiologi nya yang berwarna-warni itu? Dengan original, tulisan lebih jelas dan kertas lebih bagus. Lu bisa tenteng kesana kemari tu buku tanpa takut dilihat dosen yang turut jadi kontributor di tuh buku. Tanpa takut kena UU hak cipta. Lu bisa bawa ke kampus. Kita jadi dokter untuk selanjutnya. So, why not? Buat selamanya gitu lo. Last, gak ada salahnya beli original apalagi ni buku bagus banget, recommended.

Berat sebenernya menulis ini. Tapi karena beberapa contoh diatas dan banyak buku yang hilang, sebisa mungkin kita ga menerima lagi permintaan peminjaman buku. Afwan. Kita emang jahat.

Trackbacks & Pingbacks

Komentar

  1. * mina says:

    makanya CD aja sobotta-nya khikhikhi….
    oya, adikmu di 2006 siapa?

    #Refri.

    | Balas Ditulis 9 years, 9 months ago
  2. * Martabak says:

    … kasian banget… gw juga sering merasakan hal serupa. Kalo masalah buku gw lebih suka beli aslinya biar mahal. Kecuali MP3, gw lebih suka bajakan. khukhukhu…

    #ih koq sama *lagi dengar pink (bajakan)*

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  3. * hendra says:

    heheheh, pengalaman yang sering dialami oleh hampir semua mahasiswa di indonesia tuh mbak, termasuk saya juga ^_^ .
    tapi dalam kasus saya, saya adalah pembajaknya (hehehe) hampir semua buku2 saya hasil copy-an semua(cuma buku2 yang betul2 bagus yang saya beli original) atau paling ga hasil copy materi yang di dapet di internet (yang ini paling sering).

    Tapi asli itu buat saya menyesal banget sekarang, coz saat saya butuh referensi2 buat mengerjakan proyek sekarang saya bingung nyari buku-bukunya. cari yang fotokopian dah ga tau pada kemana(mungkin karena fotokopian jadi ga di sayang), cari yang data file dah pada ilang coz harddisknya rusak juga.
    alhasil nyari lagi materi dari awal di internet (dan ga semua ada.. hiks-hiks T_T)

    Yang sering banget saya beli malah buku2 komik, sampai saat ini dah ga terhitung banyaknya duit yang terbuang sia2(bunda, ampuni hendra…), mungkin karena dah terlanjur gila komik (ada obatnya ga ya dok??).

    #aq dah ga suka lagi baca komik. Mending ke penyewaan deh, kan cuma sekali aja dibacanya.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  4. * Martabak says:

    … gw jadi inget buku akuntansi gw yang basah waktu Bintaro banjir pas hujan es tahun 2004… waktu itu gw masih miskin (sekarang juga sih) jadi kerasa banget tuh buku mahal buanget. Gw puasa berbulan-bulan buat beli tuh buku-buku.

    Sakit ati juga sih kalo ada yang fotokopi terus rusak ato lupa (sengaja nggak) dibalikin. Pas ujian Statistika open book bukunya masih dipinjem, jadinya kecewa berat tau dianya dengan wajah lugu (masa bodoh) bilang “sori telat, makasih ya.”

    Kadang kita ati-ati banget sama tuh buku, tapi yang dipinjemin malah tega corat-coret gak karuan. Kecuali orang-orang tertentu, seperti coretanmu di modul soal SPMB dulu, jadi kenangan.

    Ketika membukanya lagi aku jadi inget masa-masa SMA dulu waktu kita masih sering ketemu sore-sore, pada Fisika dan Kimia, Tim Laboratorium Kimia, dan Buku Catatan Pelanggaran-ku yang padat berisi (rekor tertinggi di sekolah).

    #wuaaa… Jadi ingat pas dulu SMA aq dikeluarin dari kelas gara2 pake kaos kaki warna ijo.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  5. * Martabak says:

    Pake kawat gigi warna-warni, tas coklat, kaos kaki ijo, sepatu kulit hak pendek…? Aku inget pertama kali aku liat Yetty di Lapangan Ikip pas penjas, dia sama Nurwalidah MT. Emang bentuk rambutmu itu gitu ato hasil rebonding sih, lurus-lurus gitu?

    #kek ni anak selalu OOT deh ujung2nya. Yeah high school, i hate my senior high school time, anyway. I hate my bag, i hate my shoes. I hate everything.
    Ida ya, dia pernah bilang kalo lu waktu itu kyknya naksir gue ha..ha.. Apa kbrny tu anak ya?

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  6. * Martabak says:

    Khukhukhu…. emang kalo dipikir-pikir gw selalu menyimpang gini sih… takdir kali ya. Pertamanya liat ni anak si biasa aja, keknya ada yang unik aja. Rasanya gw baru naksir pas kelas tiga, gak tau kenapa. Ato mungkin cuma kehilangan aja, gara-gara gak satu kelas lagi. Gak tau lah.

    #o-o kamu ketahuan….ha..ha Kayak yang baca blog gw cuma elu ya mas, jadi dialog gini.

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  7. * Martabak says:

    Gw selalu bingung menafsirkan kalimatnya seperti ini…. maksudnya marah gara-gara gw OOT apa biasa aja yah??? Seperti kalimat pada paragraf III yang dia tulis ini…. Gw juga sering gak nyadar kalo gw udah melakukan sebuah dosa yang gw rasa biasa-biasa aja.

    #gw kagak marah. Biasa ajah lagee

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago
  8. * mina says:

    oooh…. ada dialog dengan pacar lama :p

    | Balas Ditulis 9 years, 8 months ago


Tinggalkan Balasan

